Pages

Minggu, 29 April 2012

Hadeeh…Jepang yang sulit dihilangkan dari midset konsumen..


Jepang memang merupakan produsen otomotif dunia..dari tahun nggak enak produk otomoti jepang sudah masuk, istilahnya sudah menjajah indonesia..otomatis mindset masyarakat sudah tertanam dan mengakar sudah sangat dalam di hati masyarakat. Produk2 the big 4 (honda,yamaha,kawasaki,suzuki) pun sudah dukenal sangat baik oleh pecinta otomotif tanah air dari mulai kelemahan serta kelebihannya..


Dengan berjalannya waktu, perkembangan otomotif dan era perdagangan bebas, tidak bisa menutup kemungkinan masuknya pabrikan2 baru yang menawarkan produk dengan keunggulan masing2…bisa dilihat produk seperti bajaj, minerva, hyosung, viar, tvs dan sebagainya..menawarkan disain menawan dan tentunya dengan harga yang menggiurkan,,nah apa itu sebagai ancaman bagi produk2 jepang???




Ya yang terbaru yang sekarang lagi ramai dibicarakan adalah minerva…penampakan siluet buntut memang menimbulkan tanda tanya besar..yup memang penggemar otomotif tanah air sekarang lagi haus2nya dengan produk2 baru…dan ternyata setelah keluar gambarnya yang disinyalir merupakan penampakan minerva ternyata merupakan produk dari Chongqing RATO Power…walah atau mungkin beli disain di RATO kali ya..ngawur.com :mrgreen:


Mari kita kembali ke mindset saja..sebagai konsumen tentu kita mendambakan produk yang unggul menurut kita sendiri, mulai dari desain yang menawan, atau pun memiliki mesin yang bandel..dan satu lagi yang tak kalah pemting adalah jaringan aftersales yang mumpuni..dan semua produk jepang memilikinya..terang saja sudah menjajah ratusan tahun.. :mrgreen: nah agar konsumen merasakan kenyamanan dalam membeli suatu produk tentunya hal2 seperti diatas harus di perhatikan..seperti apapun bagusnya dan murahnya produk tidak serta merta mengangkat citra produk tersebut lantas bisa menguasai pasar??…eit’s tunggu dulu..!!wani piroo?? :mrgreen:



Mau memasarkan produk disini???rubah dulu mindset yang terdoktrin jepang…mulai dari kemasan produk seperti bentuk produk itu sendiri dan promosinya. Kualitas produk seperti kebandelan mesin dan ketahanannya. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah jaringan aftersales seperti servis dan sparepart…kalu sudah terpenuhi barulah bisa dipandang konsumen indonesia…,nah kalo menurut bro sekalian bagaimana???monggo dishare sambil menyusaun weekend mau pergi kmn… :)

Apa sih kekurangan Kawasaki D’Tracker150..??


 

Kalau sampeyan memperhatikan rangka motor besutan Kawasaki ini, semua pasti bakal setuju bahwa D’Tracker adalah motor keren. Mulai dari ban, suspensi, kaki-kaki  sempurna tiada cela. Namun kenapa banyak biker enggan meminangnya??…
Market segmented banget!! bisa jadi soale memang tidak banyak orang menyukai model yang ditawarkan plus banderolnya yang selangit. Tapi bukan itu masalahnya. Kawasaki D’Tracker saat ini dijual KMI pada angka sekitar 23,9juta (OTR DKI)…sebuah angka yang lumayan tinggi. Disitu bercokol berbagai produk premium dari masing-masing pabrikan seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio dan Ninja150L/M/N. Kemungkinan dengan pricing strategy yang dipasang memang bisa menjadi bumerang buat penetrasi produk. Namun faktanya doku 23,9juta ternyata bukan masalah bagi sebagian besar biker. Sebab dimarket segmen ini diisi oleh kalangan orang yang mengagungkan style ketimbang fungsi. Artinya apa?? jika secara fisik sudah sreg….dijamin tuh sisupermoto bakal dilibas tanpa ngelirik atau menimbang lagi. Tapi tahukan brother…..sebenarnya ada satu rongga kelemahan yang menahan minat orang untuk menebus sikuda besi…..


Dengan diplacement 150cc power yang dimuntahkan tembus 11,7ps@8000rpm, torque 12NM@6500rpm. Walah…kecil dong!!. Eiitt…ingat, Motor trail ini berat kosong termasuk ringan. Yakni hanya 109kg…..wis dijamin hentakannya nampol tenan. Percaya nggak bahwa kebanyakan orang yang IWB tanya tentang D-Tracker 150……ternyata bukan masalah power harga ataupun model biangnya. Melainkan satu hal yang digaris bawahi yakni masalah dimensi.  Wujud sebuah motor supermoto identik dengan gagah dan besar. Dua unsur itu yang absen pada diri Kawasaki D’Tracker150. Malah lebih cenderung  berukuran mini. Yup….jelas selain masalah harga, dimensi sangat menentukan. Coba aja body sisupermoto dimelarin, pasti banyak yang mau (dengan catatan berat kosong masih sama). Apakah data yang IWB dapatkan selaras dengan pendapat mzbro semua??. Monggo dishare…..(iwb)

Kawasaki KLX 150S banyak Masalah?

   Masih seputar ganti tunggangan, maksud hati hendak memilih KLX 150S … light trail Kawasaki sebagai pengganti Si Mega … namun beberapa informasi justru melemahkan niat tersebut.

Beberapa masalah yang terjaring dari dunia internet misalnya … kanektor kabel positif koil yang tidak terbungkus rapi sehingga menyebabkan pengapian trouble saat melibas lintasan berair, ada yang mengalami kerusakan pada gear starter, dan cepat ausnya disc clutch.

Kemudian informasi dari rekan -rekan garuk tanah Tuba Barat bahwa secara umum KLX 150S kurang tangguh melibas medan off road selain masalah – masalah diatas yang juga mereka alami.

Terakhir … seorang rekan mekanik – pernah belajar di Sendai-  sempat menangani kerusakan KLX 150S menginformasikan adanya ketidaksesuaian pemilihan bahan logam blok silinder. Pada motor yang ditangani terjadi keausan yang merata mulai dari dinding ruang bakar terbawah hingga puncaknya. Masih menurutnya umumnya keausan pada dinding ruang bakar hanya terjadi pada puncaknya karena pengaruh suhu tinggi hasil reaksi ledakan bahan bakar.

Cara Manual Setting Motor Injeksi

    
     
    Alat penyuplai gas bakar sistem manual Lantas agar kadar CO minim penyuplai sistem injeksi ada 2 cara naikin putaran atas kalau harga alat yang buat setting ECU motor .
Boss maav ada yang tau ngak bengkel buat setting injeksi bwt motor supra injeksi Ada yang punya Workshop Manual Honda Supra X PGMFi cara baca kode kedipan indikator EFI .
HowTo GuidesManuals MagazinesNewspapers RecipesMenus Fungsi dan cara kerja Mesin Injeksi 01 46 0 komentar idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor .
Sepeda Motor In Cara Membuat Kr Set Max Shalom TV Smash Hits Music Sony TV SS Music TV.
Kolom Iklan Bikes Manual Wallpapers Links Data Market membuktikan bahwa motor injeksi untuk kelas entry Yang penting cara dia bawa motor sering bejek ato enggak.
Otomotif Plus 6 hours ago Setting Carbu Nmp 6 hours ago Lama Charge Aki Motor 6 Merawat Motor Vixion Cara Mencuci Injeksi Vixion Dowload Manual Service Vixon.
bersegelHarga Rp 15000000Deskripsi Plat Koping Set kopling apv 1harga piston suzuki esteem 1300 1Cara Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma HondaSepeda Motor .
Motor injeksi yang sukses hanya yg lebih rumitmacam setting ecupiggyback dll maintenance jelas lbh comfort injeksi Merawat Motor Vixion Cara Mencuci Injeksi Vixion.
Install the hardware manual and chose the Qualcommdriver

Jumat, 27 April 2012

MOTOR TRAIL YAMAHA YZ450 F


Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor, tampaknya ingin mendongkrak citra varian sport motocross dengan memperkenalkan motor trail Yamaha YZ450F serta memperkenalkan varian dengan mesin 250 cc, Yamaha YZ250F.

http://blog.motorcyclecenter.com/wp-content/uploads/2012/01/2012-Yamaha-YZ450F.jpg
Generasi baru YZ250F ini mengalami serangkaian ubahan untuk meningkatkan tenaga misalnya Karburator yang menggunakan ukuran 39 milimeter (mm) atau lebih besar 2 mm dibanding model 2011 yang berukuran 37 mm. Piston mesin diganti dengan menggunakan bahan yang ringan, namun kuat. Selain itu, Yamaha menggunakan lima buah katup titanium dan menyempurnakan saluran isap dan saluran buang karburator. Oleh karena itu tenaga puncak yang disemburkan mesin mulai terasa saat putaran mesin berada di 8.000–12.000 rpm.

Selain itu, tingkat akselerasi motor juga naik sehingga sesuai dengan karakternya sebagai motor lintas alam yang membutuhkan kelincahan dan kecepatan akselerasi untuk menyiasati segala medan. Kerangka motor juga didesain ulang dengan menggunakan bahan yang ringan, namun kuat. Tangki dibuat lebih ramping dan lebih rendah sehingga pembagian titik berat ketika pengendara bermanuver lebih merata.

Begitu pula dengan peranti suspensi baik depan maupun belakang, serta peredam. Beberapa komponen dirancang untuk memungkinkan pengendara memiliki perhitungan yang tepat di saat melibas tikungan tajam dan bermanuver di berbagai jenis lintasan. Knalpot yang digunakan pun menggunakan knalpot model baru yang memiliki tingkat kebisingan suara 94 desible sehingga sesuai dengan aturan balap internasional.

Test Motor Injeksi Pasang Part Racing, Kudu Pakai Piggyback!


 Proses ngetes menggunakan dino
MOTOR Plus sudah menguji motor injeksi dengan pasang kem racing dan pasang piggy back. Ini kali coba juga pasang knalpot racing. Guna melihat power yang dihasilkan.

Masih menggunakan Honda Supra X125. Pengujian dilakukan menggunakan mesin Dynojet 250i milik Aero Speed di Jl. H. Nawi Raya No. 74, Jakarta Selatan. Telepon (021) 7201190.

Tim mencoba menggabungkan penggunaan kem racing Faito, piggy back TDR dan knalpot racing Kawahara. Namun dengan perbedaan variabel tempat dan kondisi motor dari tes sebelumnya. Menguji satu persatu part agar mendapat angka yang jelas dan bisa dipahami.

Tes pertama, dilakukan dengan hanya menggunakan piggy back TDR. Komponen lain serba standar. Setelah tes di atas dino, melihat dulu grafik AFR (Air Fuel Ratio). Grafik AFR menyatakan komposisi campuran bensin dan udara.

Kondisi ideal dan pembakaran sempurna, AFR harusnya 1 : 14,7. Artinya 1 molekul bensin dan 14,7 molekul udara. Tidak kelebihan bensin ataupun udara. Pembakaran tanpa kerak dan tidak mudah overheat yang menyebabkan macet.

Namun kebanyakan mekanik balap, paling aman dibikin 13 : 1. Supaya mesin tidak mudah panas. Dari hasil pengetesan, sebelum seting piggy back, kondisi campuran berada di 13 : 1. Bisa diterjemahkan campuran terlalu miskin bensin.

 Grafik hasil tes
Sehingga dilakukan penyetingan ulang dengan cara memutar tunner piggy back ke arah kanan, agar bahan bakar ideal. Setelah didapat kondisi ideal, kembali dites. Power yang didapat 7,98 HP dan torsi 7.18 ft.lbs.

Tes kedua, part yang digunakan yaitu kem racing Faito dan piggy back TDR. Ketika running, mesin nampak kehausan, terlihat dari grafik yang menunjukan grafik AFR di atas 13 : 1, sehingga seting ulang piggy back agar didapat AFR ideal.

Setelah AFR dirasa ideal, motor kembali didino. Grafik di monitor menunjukan kenaikan power sebesar 1,12 HP, tapi torsi mengalami penurunan sebesar 0,59 ft.lbs. Jadi, power max didapat sekitar 9,10 HP dan torsi max 6,59 ft.lbs.

Dengan kenaikan ini, tim sudah puas? Tentu tidak, karena masih 1 part lagi yang belum diaplikasi, yaitu knalpot. Kejadian sama terjadi, pasang knalpot pasokan bahan bakar kurang. Penyetingan piggy back pun dilakukan. Ketika dites di atas dino, grafik power max mengalami kenaikan sebesar 0,90 HP, torsi max mengalami penurunan 0,02 ft.lbs.

So, penggunaan kem racing, piggy back dan knalpot, power max yang didapat 10,00 HP dan torsi sebesar 6,57 ft.lbs. “Tapi, semua akan kedodoran tanpa aplikasi piggy back. Setiap penggantian komponen harus diseting pakai piggy back,” tutup Mohamad Yuda alias Godel sang oprator dino. Wow.

Komparasi Spesifikasi Mio J dan Soul GT, Beda Desain dan Fitur



Yamaha Soul GT sudah mulai dipasarkan. Harganya dilepas Rp 13,9 juta on the road Jakarta. Terpaut lebih dari Rp 1 juta dibanding Mio J. Mio J paling murah dilepas Rp 11,99 untuk versi jari-jari. Sedang Mio J yang menggunakan pelek palang dijual Rp 12,8 juta dan Rp 12,93 juta untuk Mio J Teen.

Beda Rp 1 jutaan, beli Soul GT dapat apa? Nah, dari pada penasaran yuk kita langsung jejerkan keduanya. Intip satu persatu nilai lebih pada Yamaha Soul GT.

Desain
Ini yang paling membedakan antara Mio J dan Soul GT. Soul GT dibuat jauh lebih "laki". Sesuai target konsumen yang disasarnya, Soul GT memang diperuntukan bagi pengendara pria, sedang Mio J untuk keluarga.

Matik baru Yamaha ini memiliki desain yang terinspirasi muscle car. Identitas paling menonjol bisa dilihat dari bentuk lampu depan yang terinspirasi dari grill depan mobil Amerika. Lampu senja Soul GT yang berbentuk angel eye juga membuatnya lebih menarik.

Fitur
Selain desain, beberapa fitur memang terlihat sangat berbeda. Mulai dari konsol di bawah setang. Pada Soul GT ada dua kanan dan kiri, sedang Mio J hanya satu. Tapi bagasi di bawah jok tetap sama besarnya.

Rumah kunci kontak dengan pengaman bermagnet juga punya perbedaan. Pada Mio J dimudahkan karena untuk menutup lubang kunci bisa dilakukan dengan memutar rumah kunci ke kiri. Tapi di Soul GT lebih mudah lagi!

Untuk menutup lubang kunci bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol merah. Selain itu, untuk membuka jok juga tidak perlu mencabut anak kunci. Cukup putar ke kiri dari posisi Off.

Mesin
Secara teknologi, mesin Soul GT sama seperti Mio J. Mesinnya 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin udara dan berkapasitas 113 cc. Tenaganya mencapai 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Begitu juga dengan teknologi injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang diusung keduanya juga sama. Kedua motor ini juga telah mengadopsi forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin.

"Secara spesifikasi mesin memang tidak jauh berbeda," jelas M. Abidin, General Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Meski begitu konsumsi BBM-nya diklaim sedikit berbeda.

Soul GT mampu menempuh jarak 51,9 km dengan satu liter bahan bakar. "Selisih sedikit dengan Mio J yang bisa 52 kilometer per liter. Sedikit berbeda karena Soul GT memiliki bobot yang lebih berat dari Mio J, ada perbedaan sekitar 1 kilogram," ungkap Abidin ketika ditemui di sela peluncuran Soul GT awal bulan April lalu.

Rangka dan Kaki-kaki
Lagi-lagi untuk yang satu ini juga hampir tidak ada yang berbeda. Wheelbase sama-sama 1.260 mm, ground clereance juga tetap 130 mm. Tinggi joknya juga persis ada di angka 745 mm.

Jok yang sama rendahnya ini memberikan kenyamanan pada pengendara karena lebih santai saat berhenti. Kaki tidak perlu terlalu menjinjit. Panjang jok juga dirasakan sama saja. Posisi kaki untuk pembonceng juga sama-sama nyaman.